Beranda Ekonomi Lion Air Gunakan Armada A330-900 NEO Untuk Penerbangan Panjang

Lion Air Gunakan Armada A330-900 NEO Untuk Penerbangan Panjang

0

Jakarta – Maskapai bujet Lion Air kini mengeluarkan armada teranyar untuk penerbangan panjang. Armada tersebut adalah Airbus A330-900 NEO wide body.

Berdasarkan rilis yang diterima detikcom dari Lion Air, Minggu (30/6/2019) Lion Air telah memesan 10 unit Airbus A330-900 NEO mempunyai opsi memperoleh empat pesawat sejenis. Nantinya, pesawat ini akan diperuntukkan bagi penerbangan jarak panjang.

loading...

Armada ini sedang dalam pengujian terbang di Bandara Toulouse Blagnac, Prancis, tempat pabrik Airbus. Proses ujicoba mulai lepas landas pukul 10.54 dan mendarat pada 15.00 waktu setempat.

Pengoperasian Airbus A330-900NEO merupakan salah satu langkah strategis Lion Air dalam program “revitalisasi” atau peremajaan armada. Program ini berfokus untuk mengutamakan aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan untuk mendukung ekspansi bisnis penerbangan berkonsep low cost carrier (LCC), termasuk menawarkan tren perjalanan udara jarak jauh (long haul) yang mengesankan, seiring permintaan tren traveling milenial.

A330-900NEO berkonfigurasi kursi lorong ganda (double aisle) yang dapat membuat 440 kursi penumpang dengan fitur kenyamanan kabin paling senyap di kelasnya serta menambah fitur utama dari kabin airspace. Ditambah desain baru kompartemen bagasi kabin yang memungkinkan lebih mudah mengatur dan menyimpan banyak barang bawaan di kabin.u

Selain itu, bagi maskapai, akan mendapat sejumlah keuntungan dengan adanya armada ini. Seperti keuntungan 25% lebih efisien dalam rasio penggunaan bahan bakar perkursi, menurunkan biaya operasi yang memanfaatkan teknologi generasi baru A350 XWB seperti lekukan ujung sayap dengan rentang hingga 64 meter, penyempurnaan aerodinamis, mesin generasi terbaru, common type rating dan sistem baru yakni teknologi kokpit Wifi Tablet EFB, layar head-up ganda untuk mencegah runway overrun.

Rencananya, armada Airbus A330-900NEO akan melayani rute populer yang berdurasi panjang karena waktu tempuhnya dapat dicapai hingga 15 jam. Seperti penerbangan umrah direct Makassar-Madinah, Makassar-Jeddah, Balikpapan-Jeddan, Surabaya-Madinah dan berbagai destinasi long-haul lainnya.

Kesepuluh pesawat direncanakan untuk pengiriman bertahap ke Lion Air Group pada 2019 dan 2020. Tahun 2019 ini, Lion Air akan menerima dua pesawat terlebih dahulu.