Beranda Gaya Hidup Kayu Manis, Herbal Berkhasiat yang Bisa Atasi Diabetes

Kayu Manis, Herbal Berkhasiat yang Bisa Atasi Diabetes

0

Jakarta – Pernakah terpikir oleh Anda bahwa bumbu yang tersedia di dapur bisa jadi sangat bermanfaat? Akhir-akhir ini banyak perdebatan mengenai efek kayu manis terhadap penurunan kadar gula darah dalam tubuh. Apa kata penelitian mengenai manfaat kayu manis untuk obat diabetes?

Meskipun masih jadi perdebatan, kayu manis diklaim bisa menurunkan kadar gula darah dalam suatu penelitian. Banyak ahli yang mendukung pernyataan bahwa kayu manis bermanfaat menurunkan kadar gula darah, tapi tidak sedikit pula yang menampiknya.

loading...

Salah satu penelitian yang mendukung manfaat kayu manis untuk menurunkan kadar gula darah yaitu penelitian Richard Anderson serta peneliti lainnya untuk menguji efek kayu manis terhadap darah, total kolesterol, trigliserida, HDL kolesterol, serta LDL kolesterol.

Penelitian tersebut melibatkan 60 orang penderita diabetes tipe2 yang terdiri dari 30 pria dan wanita berusia rata-rata 50 tahun keatas. Mereka dibagi 6 kelompok yang dipilih acak. Kelompok pertama mengonsumsi 1gr kayu manis perhari, kelompok kedua mengonsumsi 3gr, dan kelompok ketiga mengonsumsi 6gr kayu manis perhari.

Kelompok 3,4, dan 5 mengonsumsi kapsul plasebo dengan jumlah yang sama dengan mengonsumsi kayu manis pada kelompol 1, 2, dan 3. Sesudah 40 hari, kelompok yang mengonsumsi kayu manis turun kadar gula darahnya sebesar 18-29%, trigliserida 23-30%, kolesterol LDL 7-27%. Tetapi, tidak ditemukan adanya perubahan signifikan pada HDL kolesterol.

Hal tersebut menunjukan berarti mengonsumsi kayu manis 1, 3, dan 6 gr perhari bagi penderita diabets tipe 2 bisa menurunkan kadar gula darah dan risiko komplikasi diabetes yang berhubungan dengan darah tinggi dan jantung. Sedangkan kapsul plasebo tidak mempunyai efek apapun terhadap kadar gula darah serta total kolesterol maupun LDL kolesterol.

Meski masih ada banyak perdebatan tentang efek kayu manis untuk diabetes, tidak ada salahnya untuk menambahkan 1/4-1/2 sendok teh kayu manis. Tidak ada efek samping yang ditimbulkan kecuali Anda alergi terhadap pengonsumsian kayu manis.