Beranda News Ini Hasil Ijtima GNPF Ulama

Ini Hasil Ijtima GNPF Ulama

0
Ijtima Ulama

JAKARTA – Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Ulama menggelar ijtima ulama dan tokoh nasional. Dalam acara ini, GNPF mendorong lima partai segera membentuk koalisi keumatan.

Ketua GNPF Ulama Yusuf Muhammad mengungkapkan lima partai tersebut, Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Berkarya. Dalam ijtima itu tokoh kelima partai itu turut diundang.

loading...

“Kami ingin memberikan petunjuk bagi umat dalam memilih pemimpin. Apalagi ini menjelang 2019, ada momentum pilpres dan pileg. Umat harus bisa menentukan pilihan pemimpin dan wakil rakyat yang jelas berpihak pada Islam dan kaum muslimin,” ujar Yusuf, dalam konferensi persnya di Hotel Peninsula, Jakarta, Jumat, (27/7/2018).

Dia menuturkan, langkah ini merupakan tindak lanjut diskusi yang dilakukan beberapa waktu lalu. Setelah koalisi terbentuk, para ulama akan memberikan masukan kepada koalisi keumatan mengenai sosok pemimpin yang ideal bagi umat.

“Kami bisa memberikan kriterianya. Sosok calon presiden dan wakil presidennya nanti jangan keluar jauh (dari usulan) karena kita ini ingin bergerak mendukung mereka,” ucapnya.

Menurutnya, GNPF bisa menarik dukungan dari koalisi umat jika sosok pasangan calon yang diusung tidak sesuai kriteria yang diusulkan. “Bisa jadi kita pertimbangkan dukung atau tidak. Jelas kita enggak mau yang tidak sesuai,” katanya.