Beranda News Hebat…Wagub DKI Pelajari Sistem Pengaturan Lalu Lintas Kota Moskow

Hebat…Wagub DKI Pelajari Sistem Pengaturan Lalu Lintas Kota Moskow

0
Sandiago Uno

Jakarta – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sambangi kantor Moscow Traffic Management Centre (TMC) saat kunjungan kerja ke Rusia. Sandiaga ingin mempelajari pengelolaan lalu lintas Moskow saat perhelatan Piala Dunia 2018.

“Kami sangat ingin belajar dari kesuksesan Moscow dalam pengelolaan lalu lintas selama ajang Piala Dunia, mengingat kita akan menyongsong Asian Games,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Jumat (3/8/2018).

loading...

Sandiaga menuturkan sejak tahun 2012, pemerintahan kota Moskow menerapkan sistem Intelligent Transport System (ITS) atau sistem transportasi intelijen. Sistem tersebut Moscow TMC dapat memonitor dan memprediksi kondisi lalu lintas sehingga kepadatan kendaraan mampu tersebar secara merata berdasarkan kapasitas ruas jalan.

“Sebanyak 2048 CCTV dan 1402 kamera dipasang secara terintegrasi di penjuru kota Moskow untuk mendukung sistem ini. Kondisi lalu lintas terkini diperbarui setiap 1-2 menit dapat dipantau langsung melalui layar informasi dalam kota, radio, situs resmi, dan media lain yang telah bekerja sama dengan Moscow TMC,” papar Sandiaga.

Sandiaga mengaku mendapatkan pelajaran berharga dari kunjungan ke Moskow TMC. Wagub usungan Gerindra dan PKS itu berharap Pemprov DKI bisa mengadopsi ITS yang digunakan di Moskow.

“Alhamdulillah banyak sekali ilmu dan referensi yang didapat oleh kami selama kunjungan ini. Insyaallah bisa diadaptasi oleh DKI Jakarta agar bisa lebih siap dan lebih baik dalam mengelola lalu lintas,” tutur Sandiaga.

Kunjungan Sandiaga ke Moskow TMC itu merupakan kegiatan terakhir sebelum kembali ke Jakarta. Selama di Rusia, Sandiaga juga memfasilitasi penekenan kerja sama antara KADIN DKI dan KADIN Moskow.