Beranda Gaya Hidup Ginjal Anda Rusak Jika Terus-menerus Lakukan Hal Ini

Ginjal Anda Rusak Jika Terus-menerus Lakukan Hal Ini

0

Jakarta – Ginjal melakukan beberapa fungsi paling penting dalam tubuh, seperti menyaring darah, mendetoksifikasi tubuh, menetralkan asam, menghasilkan hormon, menyerap mineral, dan masih banyak lagi.

Karena itu, jika kita tidak merawatnya dengan baik, hal ini dapat mengembangkan masalah kesehatan yang serius. Kesehatan ginjal bahkan bisa rusak bertahun-tahun sebelum kita mulai mengalami gejalanya.

loading...

Untuk itu, kita perlu memastikan ginjal kita berfungsi dengan baik dan menurunkan risiko masalah yang terkait dengannya. Kebiasaan-kebiasaan berikut ini dapat memberikan banyak tekanan pada ginjal dan secara bertahap dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Apa saja?

Kurang minum
Kurang minum dapat menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi kronis pada tubuh dapat menyebabkan penumpukan racun yang tidak mudah dihilangkan oleh ginjal.
Konsumsi obat penghilang rasa sakit
Sering mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal.
Konsumsi kafein berlebihan
Kafein meningkatkan tekanan darah dan asupannya yang berlebihan dapat menyebabkan banyak tekanan pada ginjal.
Konsumsi alkohol
Alkohol sebenarnya adalah racun. Sehingga, konsumsi berlebihan atau sering, dapat mengganggu kerja ginjal dan menyebabkan kerusakan.
Konsumsi garam berlebih
Garam merupakan mineral penting bagi tubuh, namun konsumsinya yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memberi banyak tekanan pada ginjal.
Konsumsi gula berlebih
Asupan gula berlebih membahayakan kesehatan ginjal dan mengurangi fungsinya
Terlalu banyak protein hewani
Konsumsi daging berlebih, terutama daging merah, akan memproses terlalu banyak protein ke dalam tubuh sehingga meningkatkan bebabn metabolisme pada ginjal dan menyebabkan disfungsi dan kerusakan ginjal.
Menahan buang air kecil
Ini akan memberi banyak tekanan pada ginjal, yang pada akhirnya dapat menyebabkan penyakit ginjal, batu ginjal, gagal ginjal dan  inkontinensia.
Begadang
Begadang berarti Anda kurang tidur. Dan kurang tidur dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Karena selama tidur, tubuh mendapatkan waktu untuk memulihkan diri dan memperbaiki kerusakan yang terjadi pada ginjal.